5 Tips Memilih Furnitur yang Aman Buat Kamar Anak

girl playing inside her room

Furnitur yang lucu memang bisa membuat kamar tidur anak terlihat menawan. Namun ada baiknya kita mempertimbangkan beberapa hal berikut sebelum mengisi ruang kamar untuk si kecil. Medan Home sudah merangkum beberapa pertimbangan untuk para parents. Yuk disimak.

Berikut Cara Memilih Furnitur Aman Buat Si Kecil

1. Furnitur yang kuat dan awet

Poin pertama yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli furnitur adalah faktor kuat dan awet. Anak kecil cenderung lebih aktif dan memiliki rasa penasaran yang tinggi

Tak mengherankan bila mereka sering kali melompat, melempar, memanjat, bahkan menggunakan furnitur tidak sesuai dengan fungsi utamanya. Maka dari itu, pilihlah furnitur yang kuat dan kokoh untuk menghindari kerusakan dan risiko cedera pada si kecil.

2. Tidak memiliki sudut tajam untuk keamanan si kecil

Umumnya, anak-anak cenderung memiliki rasa ingin tahu untuk mengeksplorasi lingkungan sekitarnya.

Untuk menghindari risiko anak terluka, sebaiknya hindari memilih furniture yang memiliki area yang tajam. 

Tips: Apabila tidak dapat mendapatkan furniture yang diinginkan, kamu dapat menggunakan karet pelapis pada setiap sudut furnitur.

Kamu juga bisa mempertimbangkan penggunaan furnitur berbahan plastik. Apalagi, furnitur plastik memiliki desain dan warna yang lucu untuk menghiasi interior kamar si kecil, seperti rekomendasi furnitur berikut ini.

3. Tentukan ukuran furnitur

Pertimbangan juga ukuran lebar dan tinggi furniture yang kamu pilih. Kemudian, untuk menghindari risiko furnitur terbalik saat dipanjat, maka sebaiknya pilihlah furnitur yang tidak melebihi tinggi badan si kecil. Kamu juga bisa memaku lemari pada dinding agar tidak mudah tergeser dan jatuh.

4. Periksa kondisi bahan

Setelah memastikan bahwa semua bagian furnitur telah kencang terpasang. Perhatikan juga agar tidak ada bagian furnitur yang tertinggal saat dipasang. Perhatikan juga agar tidak ada serbuk atau cat yang mengelupas setelah pemakaian.

5. Gunakan warna cerah yang lebih disukai oleh anak anak

Bukan hanya modelnya, pemilihan warna pada furnitur juga penting untuk kenyamanan dan tumbuh kembang si kecil. Secara psikologi, penggunaan warna yang cerah akan membantu menstimulasi keaktifan dan semangat keceriaannya.

Itu dia 5 tips yang bisa parents terapkan untuk kamar si kecil. Kamu juga bisa mendapatkan aneka kebutuhan furnitur untuk rumah di Medan Home. 

Medan Home menawarkan berbagai berbagai aneka promo menarik, diskon, gratis biaya kirim hingga gratis biaya pemasangan khusus kota Medan. Yuk belanja di Medan Home sekarang!